Cara Menemukan Minat dan Bakat Buat Jurusan Kuliah, Camaba Catat Ya!

Cara Menemukan Minat dan Bakat Buat Jurusan Kuliah, Camaba Catat Ya!

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 18 Jan 2023 15:00 WIB
Rear view of large group of students raising their hands to answer the question on a class.
Cara Menemukan Minat dan Bakat Untuk Jurusan Kuliah. (Foto: Getty Images/skynesher)
Jakarta -

Menentukan jurusan kuliah perlu sejalan dengan minat dan bakat. Jangan sampai calon mahasiswa baru (camaba) memilih bidang ilmu yang tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya.

Menemukan minat dan bakat tentu butuh proses. Tak jarang, beberapa orang juga meminta bantuan media atau orang lain.

Salah satunya bisa datang dari Universitas Padjajaran (Unpad). Kantor Komunikasi Publik Unpad menggelar talkshow "Ayo Kenal Unpad: Knowing Your Self, Planning Your Future" yang disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Unpad, Sabtu (14/1/2023).

Dalam acara tersebut, Unpad menghadirkan Kepala Divisi Layanan Pusat Inovasi Psikologi Unpad Anggit Sukmawati, M Psi, Psikolog. Anggit menuturkan, terdapat dua jalan dalam mencari minat dan bakat seseorang.

"Perjalanan kita mencari itu memang sebetulnya intinya ada dua, yaitu kita mengidentifikasi dan menelusuri bakat dan minat kita dan mengeksplorasi tujuan atau program studi yang ingin kita capai," ujar Anggit dikutip dari laman Unpad, Rabu (18/1/2023).

Cara Mencari Minat dan Bakat untuk Jurusan Kuliah

1. Cari https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6521899/cara-menemukan-minat-dan-bakat-buat-jurusan-kuliah-camaba-catat-ya Tentang Jurusan Kuliah

Psikolog anak dan remaja tersebut mengatakan, camaba dapat mulai mengulik https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6521899/cara-menemukan-minat-dan-bakat-buat-jurusan-kuliah-camaba-catat-ya mengenai jurusan tujuan. Kamu dapat melakukan pencarian https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6521899/cara-menemukan-minat-dan-bakat-buat-jurusan-kuliah-camaba-catat-ya melalui website, YouTube, atau bertanya langsung ke pihak kampus.

"Kita bisa menemukan kecocokan kalau misalnya antara potensi kita sesuai dengan jurusan terhadap profil program studi yang akan kita tuju," kata Anggit.

2. Diskusikan Minat dan Bakat dengan Pihak Profesional

Selanjutnya, camaba juga bisa mendiskusikan minat dan bakat dengan pihak profesional. Salah satunya dapat menghubungi Pusat Inovasi Psikologi Unpad sebagai layanan psikologi kepada masyarakat umum.

Pihak profesional, lanjut Anggi dapat memberikan pendampingan berupa:

  • Penelusuran minat dan bakat melalui tes psikologi
  • Konsultasi langsung dengan psikolog


Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia