Dua Kebiasaan Bermedia Sosial yang Bikin Kamu Pintar, Sudah Coba?

Dua Kebiasaan Bermedia Sosial yang Bikin Kamu Pintar, Sudah Coba?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 18 Jan 2023 09:00 WIB
ilustrasi lagi baca timeline di media sosial
Foto: iStockphoto/grinvalds/ilustrasi media sosial
Jakarta -

Pakar media dan jurnalisme di Amerika Serikat, Suzy Welch, mengatakan ada dua kebiasaan sederhana di media sosial yang akan membuat seseorang bisa menjadi lebih pintar.

Kebiasaan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan media sosial sehingga bisa memperdalam pengetahuan, tidak hanya menuntut perhatian saja.

Kebiasaan Bermedia Sosial yang Bikin Kamu Pintar:


1. Ikuti Orang yang Berbeda Pandangan dengan Kita

Mungkin terdengar aneh karena kita harus mengikuti orang yang tidak sepakat dengan kita. Tapi menurut Welch, salah satu cara terbaik untuk membuat umpan menarik secara intelektual adalah dengan mengikuti orang memiliki perbedaan secara ide, politik, bisnis dan masalah sosial.

Welch memberi contoh dirinya sebagai aktivis hak-hak hewan yang berdedikasi, dia selalu mengikuti para peternak dan pemburu di Twitter.

"Umumnya, orang-orang ini membuatku gila. Tapi mereka juga mengajari saya bahwa ada manusia di balik setiap opini, dan terkadang, mereka menggoyahkan asumsi saya," ungkapnya dikutip dari CNBC Internasional.

"Orang yang dianggap sebagai "lawan" telah membuat saya lebih berpengetahuan dan argumen saya, pada akhirnya, lebih bernuansa," imbuh Welch.

2. Ikuti Topik-topik Baru Secara Mendalam

Cara kedua adalah dengan menjadikan media sosial sebagai alat pembelajaran. Welch menyarankan agar setiap beberapa bulan untuk memilih negara, industri, atau masalah baru yang ingin dipelajari lebih lanjut.

Kemudian memperlakukannya seperti mengikuti kursus intensif tentang subjek tersebut.

"Saya telah menggunakan pendekatan ini untuk menambahkan seluruh pengetahuan saya tentang topik-topik seperti perdagangan China, fracking, Balkan, dan praktik terbaik dalam meningkatkan start-up," katanya.

"Anda akan kagum betapa banyak yang dapat Anda pelajari hanya dengan mendengarkan pendapat dan debat para ahli. Ini seperti kelas master gratis," imbuh Welch.

Welch berpendapat, kedua kebiasaan ini adalah cara yang mudah dan sangat efektif untuk memberi asupan bergizi untuk kepintaran pribadi dari media sosial.



Simak Video "Pimpin Salat Magrib, Imam Masjid di Bekasi Dipukul Makmum"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia