5 Contoh Surat Permintaan, Mudah Dibuat dan Lengkap

5 Contoh Surat Permintaan, Mudah Dibuat dan Lengkap

Putri Tiah - detikEdu
Rabu, 18 Jan 2023 06:30 WIB
contoh surat perjanjian jual beli
Ilustrasi pembuatan contoh surat permintaan Foto: iStock
Jakarta -

Bagi setiap perusahaan pasti ada kalanya mereka membutuhkan pasokan barang/produk yang dibutuhkan ke dalam bisnis mereka.

Sebelum membeli barang/produk dibutuhkan, perusahaan terlebih dulu akan mengirimkan surat permintaan kepada perusahaan yang memasok barang yang perusahaan inginkan untuk melihat macam tipe produk serta harganya.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan surat permintaan? Berikut, simak penjelasan selengkapnya mengenai surat permintaan beserta contoh-contoh surat permintaan di bawah ini.

Pengertian Surat Permintaan

Surat permintaan adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli yang ditujukan kepada calon penjual dengan maksud meminta keterangan mengenai barang/jasa yang akan dibeli.

Keterangan mengenai barang yang diinginkan dapat diperoleh dengan meminta contoh barang, daftar harga, katalog, brosur, dan sebagainya.

Setelah calon pembeli mendapatkan banyak keterangan mengenai barang yang diinginkan, kemudian dibandingkan dengan penawarannya. Penawaran yang menguntungkan biasanya akan dipilih oleh calon pembeli.

Surat permintaan barang dapat ditulis atas inisiatif sendiri, berdasarkan iklan, atau mendapat https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6520285/5-contoh-surat-permintaan-mudah-dibuat-dan-lengkap dari pihak lain. Selain itu, surat permintaan penawaran sebaiknya tidak hanya ditujukan kepada satu penjual, tetapi kepada beberapa penjual lain.

Langkah ini ditempuh agar keterangan/https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6520285/5-contoh-surat-permintaan-mudah-dibuat-dan-lengkap yang terkumpul dapat dibandingkan satu sama lainnya untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan keinginan dan kemampuan keuangan calon pembeli seperti dikutip dari buku Korespondensi untuk SMK/MAK Kelas X oleh Dra. Eny Pujiasri.

Isi Surat Permintaan

Terdapat hal-hal yang perlu disebutkan dalam surat permintaan adalah:

  1. Nama macam, tipe, ukuran, model barang
  2. Kualitas barang yang diinginkan
  3. Potongan harga (diskon)
  4. Cara pembayaran
  5. Contoh barang
  6. Cara penyerahan/pengiriman barang
  7. Keterangan teknis dan cara perawatan
  8. Kemudahan yang didapatkan pembeli, misalnya service, garansi, fasilitas, dll.

Contoh Surat Permintaan

Berikut contoh-contoh surat permintaan, seperti dikutip dari buku Korespondensi SMK/MAK Kelas X; Program Keahlian Manajemen Perkantoran oleh Joko Pramono; buku Korespondensi Bahasa Indonesia untuk Kalangan Mahasiswa oleh Slamet Triyatna; buku Komunikasi Bisnis oleh Rolyana Ferinia; buku Bahasa Indonesia oleh Yustinah; dan buku Surat-Surat Bisnis oleh Aulia Gunawan:

1. Contoh Surat Permintaan Barang - Kain Katun

BATIK PRIMA

Jl. Mojopahit No. 112 Bandung

Telp. 021-8236549 Web: www.batikprima.com

Bandung, 28 Desember 2013

No : 87/PS/XII/2013

Perihal : Permintaan Penawaran Bahan Katun

Lampiran : -

Yth Direktur PT. Catur Sutera

Di Solo

Dengan Hormat,

Melalui surat ini kami perkenalkan bahwa perusahaan kami bergerak pada industri tekstil pembuatan batik yang sudah berdiri sejak tahun 1980 dan memiliki konsumen baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam rangka memenuhi pesanan para pelanggan, kami sangat memerlukan pemasok untuk bahan katun. Untuk itu, kami harapkan Saudara dapat memberikan penawaran terbaik untuk bahan-bahan katun yang Saudara buat, lengkap beserta contoh dan daftar harganya.

Semoga kita dapat bekerja sama dengan baik, sambil menunggu balasan dari Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Siti Mahesa Mahrin

Manager Pemasaran

2. Contoh Surat Permintaan Barang - Televisi

PT Korindo Sinar Pratama Elektrik

Jalan Mampang Prapatan IV Telp. 021-7940015

Jakarta Selatan

No : 50/AS/II/2018 Jakarta, 12 Februari 2018

Hal : Permintaan Tawaran Televisi

Lampiran : -

Yth. Manajer Pemasaran

PT Sinar Harapan

Jalan Sudirman Kav. 10

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Kami akan memperluas usaha dagang karena semakin banyaknya konsumen yang berbelanja di toko kami. Akan tetapi, sayang sekali kami sampai saat ini belum dapat melayani permintaan teknisi dari calon pembeli.

Berkenaan dengan hal tersebut, dengan ini kami minta sudilah Anda mengirimkan daftar harga televisi dan keterangannya yang berisi:

1. Syarat pembayaran

2. Potongan harga

3. Cara penyerahan, dan

4. Layanan purnajual

Selain itu, kami meminta untuk dikirimkan selebaran, katalog, dan brosur barang tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Fauzan Gozali

3. Contoh Surat Permintaan - Kain Batik

PERUSAHAAN BATIK SIDO MUKTI

Jalan Permuda No. 50

Telp. 021 89878980

Pekalongan

Pekalongan, 8 November 2020

No : 50/M/11/20

Hal : Permintaan Pengiriman Katalog

Lamp : -

Yth Direktur PT Indotekstil

Jalan Hayam Wuruk No. 70

Surakarta

Dengan hormat,

Dari salah satu seorang relasi kami di Surakarta, kami mendapat keterangan bahwa perusahaan Saudara memproduksi kain yang berkualitas.

Menurut penelitian kami, jenis kain keluaran perusahaan Saudara tersebut belum beredar di daerah Pekalongan dan sekitarnya. Oleh karena itu, kami ingin meminta keterangan tentang jenis kain tersebut berikut harga dan potongan harganya untuk pembelian sekurang-kurangnya seratus bal kain mori dan katun.

Pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima. Apabila mungkin, kami juga meminta Saudara juga mengirimkan sampel kain tersebut.

Hormat kami,

Perusahaan Batik Sido Mukti

Hendrawan

Direktur

4. Contoh Surat Permintaan - Arloji dan Jam Dinding

TOKO SERBA ADA

JALAN AR HAKIM NO. 21

TELP. 844372245

MEDAN

Medan, 28 Juni 2020

No : 89/PH/V/2020

Hal : Permintaan Daftar Harga

Lampiran : -

Yth C.V Al-Zahsy

Jl. Karya Jaya No. 7 Medan

Dengan hormat,

Dengan gembira kami kabarkan kepada Saudara, bahwa sejak bulan yang lalu toko kami selain menjual barang-barang kelontong dan berbagai macam pakaian jadi, toko kami juga telah memperluas dengan menjual berbagai arloji dan jam dinding.

Sehubungan dengan itu, kami berharap Saudara dapat memberikan kepada kami daftar harga arloji import ex Swiss atau Jepang yang tersedia pada toko Saudara.

Oleh karena kami baru pertama kali mengadakan hubungan dagang dengan Saudara, maka kami ingin diberi penjelasan mengenai syarat-syarat pembayaran, penyerahan, dan diskon yang tersedia di toko Saudara. Di samping itu, bila ada brosur tentang barang-barang tersebut hendaknya Saudara dapat mengirimkannya kepada kami, agar kami dapat mengetahui lebih jelas tentang arloji-arloji tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Toko Serba Ada

Nova Yessyca

Sales Manager

5. Contoh Surat Permintaan - Contoh Produk

PT ASANA DATA BARU, Tbk.

Jalan Khatulistiwa 101

Jakarta 12001

Jakarta, 18 April 2020

No : 27/P/IV/2020

Perihal : Permintaan Contoh Produk

Lampiran : -

Yth Manajer Sirkulasi Oikos Media

Lotus Road

Hongkong

Dengan hormat,

Kami merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran compact disk. Saat ini kami tengah melakukan perluasan pasar ke negara-negara Eropa Timur.

Kami telah mendapatkan https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6520285/5-contoh-surat-permintaan-mudah-dibuat-dan-lengkap yang cukup banyak mengenai majalah Anda, kami merasa tertarik mengiklankan produk kami dan membayarnya secara regular. Apakah dapat dikirim contoh pada kami sebagai bahan pertimbangan?

Hormat kami,

PT Asana Data Baru, Tbk.

J, Marpaung, SE

Manager Humas

Itulah beberapa contoh surat permintaan yang baik dan benar, sebagai referensi detikers jika suatu saat dibutuhkan untuk menulis surat permintaan.



Simak Video "Surat Tilang Akan Diganti Surat Teguran, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia