Sederet Rekor Messi Usai Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022

Sederet Rekor Messi Usai Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022

Tim detikSport - detikBali
Senin, 19 Des 2022 07:09 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - DECEMBER 18: Lionel Messi of Argentina kisses the FIFA World Cup Qatar 2022 Winners Trophy after the FIFA World Cup Qatar 2022 Final match between Argentina and France at Lusail Stadium on December 18, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Quality Sport Images/Getty Images)
Lionel Messi. Foto: Getty Images/Quality Sport Images
Denpasar -

Lionel Messi mengukir sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar. Setidaknya ada empat rekor Messi usai membawa Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Messi mencetak dua gol saat Argentina mengalahkan Prancis melalui adu penalti 4-2 (3-3) di final, Minggu (18/12/2022). Pemain Paris Saint-Germain itu membuka keunggulan Albiceleste dengan gol penalti di babak pertama, dan mencetak gol krusial di extra time.

Dengan demikian, Messi membukukan total tujuh gol ditambah tiga assist untuk Argentina dalam tujuh penampilan. Jumlah gol Messi tersebut nyaris separuh dari seluruh gol yang diciptakan Argentina di sepanjang Piala Dunia 2022 (15 gol).


Performa Lionel Messi tersebut kemudian diganjar penghargaan Golden Ball sebagai tanda menjadi Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, pesepakbola berusia 35 tahun itu tidak akan pulang hanya dengan membawa trofi-trofi itu, melainkan mengukir sejumlah torehan individu. Messi pun menutup kariernya di Piala Dunia dengan sangat manis.

Berikut ini adalah empat rekor Messi usai Argentina juara Piala Dunia 2022, sebagaimana dirangkum Opta:

1. Lionel Messi menjadi pemain pertama di dalam sejarah Piala Dunia, yang mencetak gol di fase grup, babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, dan final di sebuah edisi turnamen.

2. Messi sudah terlibat secara langsung dalam 21 gol Argentina di Piala Dunia (13 gol, 8 assist), lebih banyak dari siapapun untuk negara manapun di putaran final (sejak 1966).

3. Messi membuat penampilan ke-26 di sebuah pertandingan Piala Dunia sehingga mematahkan rekor jumlah penampilan terbanyak yang dipegang Lothar Matthaeus (25).

4. Messi sudah mengemas 26 gol di turnamen utama untuk Argentina (13 gol di Piala Dunia, 13 gol di Copa America). Messi kini menjadi pemain tersubur dalam sejarah sepakbola Amerika Selatan di kedua turnamen itu, melewati catatan Ronaldo Nazario (25 gol).

Simak Video 'Momen Messi Cs Angkat Trofi Juara Piala Dunia Qatar':

[Gambas:Video 20detik]




(nor/hsa)