Torehan Cristiano Ronaldo di 5 Piala Dunia: Tertinggi Cuma Semifinal

Internasional

Torehan Cristiano Ronaldo di 5 Piala Dunia: Tertinggi Cuma Semifinal

Tim detikSport - detikBali
Senin, 12 Des 2022 07:45 WIB
Bali -

Portugal gagal mewujudkan mimpi menjadi juara Piala Dunia 2022. Langkah mereka terhenti di babak perempatfinal setelah ditekuk secara mengejutkan oleh Maroko. Portugal menderita kekalahan 0-1 atas Maroko di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022).

Kegagalan Portugal itu juga mematahkan ambisi Cristiano Ronaldo yang sudah 5 kali bermain di ajang Piala Dunia. Pencapaian tertinggi bintang Portugal itu cuma menjadi semifinalis pada Piala Dunia 2006.

Dilansir dari detikSport, Cristiano Ronaldo tercatat sudah lima kali pentas di Piala Dunia. Dia pertama kali bermain ketika usia 21 tahun, tepatnya dalam gelaran 2006 di Jerman.


Justru performa Ronaldo cukup lumayan saat debutnya di Piala Dunia. Sebab, ia bisa membawa Portugal melaju hingga babak semifinal dan finis di posisi keempat.

Seiring waktu, prestasi Portugal selepas Piala Dunia 2006 merosot tajam. Selecao das Quinas ditendang keluar Spanyol di fase 16 besar pada 2010 dan gagal lolos fase grup empat tahun berselang.

Portugal kembali gugur di 16 besar pada Piala Dunia 2018 usai disingkirkan Uruguay. Empat tahun berselang, Portugal dihentikan Maroko di perempatfinal.

Dari lima edisi Piala Dunia yang diikutinya, Ronaldo total mengumpulkan delapan gol. Menariknya, seluruh gol tersebut dicetak di fase grup. Artinya, CR7 tak pernah bisa membobol gawang lawan di babak gugur.

Piala Dunia 2022 menjadi kesempatan terakhir Ronaldo merengkuh gelar tertinggi dunia dan dia gagal melakukan itu. Pemilik lima Ballon d'Or tersebut menegaskan mimpinya di Piala Dunia telah berakhir.

"Sayangnya, kemarin mimpi itu berakhir. Tidak ada gunanya bereaksi panas. Saya hanya ingin semua orang tahu bahwa banyak yang telah dikatakan, banyak yang telah ditulis, banyak yang telah dispekulasikan, tetapi dedikasi saya untuk Portugal tidak berubah sama sekali," tulis Ronaldo di Instagram usai duel Maroko vs Portugal.

Riwayat Cristiano Ronaldo di Piala Dunia

2006: Semifinal (1 gol)
2010: 16 Besar (1 gol)
2014: Fase Grup (1 gol)
2018: 16 Besar (4 gol)
2022: Perempatfinal (1 gol)

(iws/hsa)