Jelang Perempatfinal Portugal Vs Maroko

Piala Dunia 2022

Jelang Perempatfinal Portugal Vs Maroko

Tim detikSport - detikBali
Kamis, 08 Des 2022 06:30 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - DECEMBER 06: Portugal head coach Fernando Santos and substitute Cristiano Ronaldo during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Portugal and Switzerland at Lusail Stadium on December 6, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Visionhaus/Getty Images)
Cristiano Ronaldo dicadangkan saat Portugal vs Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: Visionhaus/Getty Images/Visionhaus)
Bali -

Portugal akan menghadapi Maroko di perempatfinal Piala Dunia 2022. Laga sengit Portugal vs Maroko akan digelar di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) malam.

Jelang pertandingan 8 besar Piala Dunia 2022 itu, nasib Cristiano Ronaldo kembali menjadi sorotan. Sebelumnya, Ronaldo tak dimainkan jadi starter saat Portugal menekuk Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022. Ia pun tak dijamin jadi starter saat melawan Maroko di perempatfinal!

Dilansir dari detikSport, pemilik 5 Ballon d'Or itu cuma duduk di bench pemain saat melawan Swiss di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Tanpa Ronaldo, toh anak asuh Fernando Santos menang 6-1 dan merebut tiket perempatfinal.


CR7 diberi kesempatan bermain pada menit ke-74, menggantikan Goncalo Ramos. Usai laga, Ronaldo juga tak ikutan pesta tim. Eks striker Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus itu memilih langsung masuk ke lorong pemain.

Tak lama usai pesta kemenangan Portugal, Cristiano Ronaldo membuat unggahan. Dalam unggahannya, Ronaldo tetap memasang foto dirinya bersama pemain lain. Padahal, Ronaldo tak main di laga melawan Swiss.

"Hari yang luar biasa untuk Portugal, dengan hasil bersejarah dalam kompetisi terbesar di dunia sepak bola. Pertandingan mewah dari tim yang penuh bakat dan pemain muda. Tim kami kami harus diberi selamat. Mimpi itu masih hidup! Semoga bisa sampai akhir! Ayo, Portugal!" tulis Ronaldo.

Absennya sang megabintang dari skuad Portugal sempat dikecam kakaknya, Elma Aveiro. Ia menyebut Ronaldo sudah dilupakan karena sudah berusia 37 tahun.

"Ya, Ronaldo memang tidak abadi, ya Ronaldo tidak akan bermain selamanya, sayang sekali dia tidak mencetak banyak gol sekarang, dia sudah tua, Portugal tidak membutuhkan Ronaldo. Kita telah membicarakan tentang apa yang kita sudah dengar, semua yang sudah dia lakukan itu tidak penting, semua yang sudah dia lakukan itu sudah dilupakan," sembur kakak Cristiano Ronaldo, Elma Aveiro.

Tanggapan Pelatih Portugal

Pelatih Portugal Fernando Santos menjelaskan keputusannya untuk menepikan Ronaldo saat laga melawan Swiss merupakan taktik semata. Ini sekaligus untuk meredam dugaan Ronaldo 'dihukum' karena mengambek saat diganti di laga lawan Korea Selatan.

"Ronaldo pastinya akan terlibat, semua pemain di bangku cadangan bisa dipakai. Kalau mereka tak jadi starter mereka bisa bermain belakangan," ujarnya dikutip Sky Sports.

Kendati demikian, Santos juga tak menjamin Ronaldo bakal jadi starter lagi di laga perempatfinal kontra Maroko. Ia menegaskan pentingnya kepentingan kolektif.

Santos mengklaim, hubungannya dengan Ronaldo selalu bagus karena dibangun dari relasi jangka panjang. Hanya saja soal peran Ronaldo di sisa turnamen kali ini, ia belum bisa menjawabnya dengan pasti.

"Itu (perannya) masih perlu ditentukan."

"Hubungan ini cuma berkembang, Ronaldo dan saya tak pernah menginterpretasikan aspek manusia dari manajer dan pemain terhadap apa yang harus kami lakukan di pertandingan," tandasnya.



Simak Video "Suasana Nobar Maroko Vs Portugal di Luar Stadion"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/hsa)