'Laksamana Maeda' Trendic Topic Usai Jepang Tersingkir

Piala Dunia 2022

'Laksamana Maeda' Trendic Topic Usai Jepang Tersingkir

Tim detikSport - detikBali
Selasa, 06 Des 2022 08:41 WIB
Japans forward #25 Daizen Maeda celebrates scoring his teams first goal during the Qatar 2022 World Cup round of 16 football match between Japan and Croatia at the Al-Janoub Stadium in Al-Wakrah, south of Doha on December 5, 2022. (Photo by OZAN KOSE / AFP) (Photo by OZAN KOSE/AFP via Getty Images)
Foto: Daizen Maeda mencetak gol ke gawang Kroasia. (AFP via Getty Images/OZAN KOSE)
Bali -

Kejutan demi kejutan yang diciptakan Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 harus terhenti. Jepang gagal melaju lebih jauh dari babak 16 besar usai kalah dari Kroasia lewat drama adu penalti Senin (5/12/2022) malam Wita. Seiring kekalahan Samurai Biru, nama 'Laksamana Maeda' jadi trending topic di dunia maya.

Jepang menghadapi Kroasia di Al Janoub Stadium. Jepang berupaya melanjutkan kejutannya di turnamen setelah mengalahkan Jerman dan Spanyol di fase grup.

Jepang yang ditekan sedari awal laga oleh Kroasia malah membuat gol duluan di menit ke-43. Daizen Maeda membobol gawang Dominik Livakovic lewat sepakan jarak dekat.


Tapi, gawang Jepang kebobolan juga pada menit ke-55 lewat sundulan Ivan Perisic. Setelah itu pertandingan relatif berjalan ketat tanpa hadirnya gol tambahan dari kedua tim.

Setelah melalui 120 menit, skor tetap 1-1 dan adu penalti dilakukan untuk mencari pemenang. Jepang tak beruntung karena cuma satu penendang yang berhasil, Takuma Asano, dari empat eksekutor.

Mereka kalah dengan skor 1-3 karena Kroasia memasukkan tiga dari empat kesempatan. Berakhir sudah perjalanan manis Jepang di Qatar kali ini.

Tidak ada lagi kejutan yang bisa diberikan Jepang yang lagi-lagi kandas di perdelapanfinal Piala Dunia. Ada yang unik ketika Jepang menghadapi Kroasia.

Tiba-tiba saja nama Laksamana Maeda menjadi trending topic di Twitter, usai Maeda mencetak gol di babak pertama. Tentu saja Maeda-nya Timnas Jepang tidak punya hubungan darah dengan Laksamana Maeda.

Tapi, warganet di Tanah Air menyama-nyamakan Daizen Maeda dengan Laksamana Maeda, teman Presiden Soekarno di era perjuangan dulu.

Laksamana Tadashi Maeda adalah perwira Angkatan Laut Jepang di Hindia-Belanda saat masa penjajahan 3,5 tahun di Tanah Air. Dia jadi tokoh yang menjamin keamanan Soekarno, Muhammad Hatta, dan para pejuang lainnya saat merumuskan teks proklamasi pada 16 Agustus 1945.

Rumah Laksamana Maeda kala itu dipakai sebagai tempat berunding sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Ada-ada saja, netizen Indonesia.



Simak Video "Pemain Jepang Takuma Asano Disebut Netizen Mirip Komika David Nurbianto"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)