Suami Wagub NTB Dipecat, Nasdem Sebut Tak Ada Kaitannya dengan Anies

Politik Lokal

Suami Wagub NTB Dipecat, Nasdem Sebut Tak Ada Kaitannya dengan Anies

Tim detikBali - detikBali
Rabu, 25 Jan 2023 12:52 WIB
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTB, Wahidjan.
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTB, Wahidjan. (Istimewa)
Mataram -

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) Khairul Rizal dipecat dari Partai NasDem. Pemecatan itu diklaim tidak ada kaitannya dengan diusungnya Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden oleh partai besutan Surya Paloh tersebut.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTB Wahidjan mengatakan beberapa tokoh NasDem NTB yang hengkang dari partai itu disebabkan patron atau figur di kepengurusan. Ia mencontohkan Tuan Guru Habib Ziadi yang mundur dari NasDem mengikuti jejak Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

"Jelas mungkin secara moral dan politik itu mengikuti temannya untuk keluar. Tapi kami tidak terlalu khawatir soal itu. Itu hal biasa orang keluar masuk di dalam kepengurusan parpol," kata Wahidjan kepada detikBali, Rabu (26/1/2023).


Wahidjan mengungkapkan NasDem sedang membidik beberapa figur untuk menjadi caleg DPRD daerah pemilihan (dapil) NTB 3 Lombok Timur bagian utara. Saat ini ada tiga sosok yang akan mendaftarkan diri di dapil tersebut.

"Kami ada survei di internal partai untuk melihat elektabilitas para bacaleg (bakal calon legislatif) untuk tahap seleksinya. Kami juga ingin caleg yang mempunyai kapasitas kualitas untuk maju," jelasnya.

Hanya saja, dia enggan mengungkapkan ketiga nama yang mengikuti penjaringan NasDem tersebut. "Sampai hari ini sudah lumayan banyak yang mendaftarkan diri. Hari ini ada tiga orang sudah janjian untuk mendaftar ke NasDem. Ada dari kalangan tokoh dan ada juga anak tuan guru di Dapil Lombok Timur Utara ini ya," imbuhnya.

Wahidjan menargetkan bisa meraih satu kursi dari 10 dapil yang direncanakan oleh KPU NTB pada pemilu 2024. Ia menegaskan NasDem tetap solid meski ditinggal sejumlah kader, termasuk Rizal yang baru saja dipecat.

"Ya maksimal harus terisi untuk semua dapil."

"Kursi DPR RI misalnya, kami punya satu kursi di DPR RI yaitu Syamsul Luthfi adik dari Wagub NTB. Ya, minimal kami harap incumbent bisa mempertahankan ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota DPRD NTB Khairul Rizal dipecat dari Partai NasDem lantaran tidak mau menjadi calon legislatif (caleg) dari NasDem pada Pemilu 2024. Rizal merupakan suami dari Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

detikBali telah berusaha menghubungi Rizal dan meminta konfirmasi terkait pemecatan terhadap dirinya dari NasDem. Namun, hingga Rabu (25/1/2023) siang, Rizal belum merespons.

Pada November 2022 lalu, Rohmi juga lebih dulu hengkang dari partai besutan Surya Paloh tersebut. Pengunduran diri Rohmi diumumkan langsung oleh Koordinator Kemenangan DPP Nasdem Wilayah Bali Nusra, Julie Laiskodat di Mataram pada Jumat (25/11/2022).



Simak Video "Zulfan Lindan: Kalau Anies Jadi Ketum, NasDem Selamat di Pemilu 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/gsp)