Ogah Jadi Caleg, Suami Wagub NTB Dipecat dari NasDem

Mataram

Ogah Jadi Caleg, Suami Wagub NTB Dipecat dari NasDem

Ahmad Viqi - detikBali
Rabu, 25 Jan 2023 11:50 WIB
Ilustrasi Partai NasDem
Ilustrasi Partai NasDem (Foto: Ari Saputra)
Mataram -

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) Khairul Rizal dipecat dari Partai NasDem. Suami dari Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah itu dipecat lantaran tidak mau menjadi calon legislatif (caleg) dari NasDem pada Pemilu 2024.

"Benar kartu tanda anggota (KTA) sebagai kader dan anggota Partai NasDem untuk Khairul Rizal sudah dikeluarkan oleh DPP," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTB, Wahidjan kepada detikBali, Rabu (25/1/2023).

Menurut Wahidjan pemberhentian Rizal dari NasDem merupakan hal biasa dalam organisasi partai politik. Ia menyebut kader yang tidak loyal terhadap garis politik partai harus diberhentikan.


"Pemberian sanksi diberhentikan inilah beliau tidak mau mencalonkan diri lagi dari NasDem sebagai caleg 2024 nanti. Yang kedua beliau tidak mau menandatangani pakta integritas dari NasDem," kata Wahidjan.

Wahidjan menjelaskan keluarnya Rizal tidak berpengaruh terhadap NasDem dalam menghadapi pemilu 2024. Ia mengklaim kader NasDem di NTB masih tetap solid.

"Tentu kami sudah komunikasi bagaimana menghadapi semacam itu ya. Beberapa tokoh yang keluar dari NasDem kami sudah siapkan penggantinya di beberapa dapil yang dulu terisi sebelum beberapa tokoh keluar," ujarnya.

Wahidjan mengungkapkan NasDem sedang membidik beberapa figur untuk menjadi caleg DPRD daerah pemilihan (dapil) NTB 3 Lombok Timur bagian utara. "Sekarang ya kami cari figur yang juga setara dengan mereka yang keluar," tuturnya.

Wahidjan belum bisa membeberkan nama caleg dari dapil Lombok Timur. "Ini kan masih penjaringan di semua level membuka kader internal dan membuka diri untuk publik calon calon dari luar yang berani dan memiliki kapasitas untuk maju," ujarnya.

detikBali telah berusaha meminta konfirmasi kepada Rizal terkait pemecatan terhadap dirinya dari NasDem. Namun, hingga Rabu (25/1/2023) siang, Rizal belum merespons.

Sebelumnya, istri Rizal yaitu Sitti Rohmi Djalilah juga lebih dulu hengkang dari partai besutan Surya Paloh tersebut. Pengunduran diri Rohmi diumumkan langsung oleh Koordinator Kemenangan DPP Nasdem Wilayah Bali Nusra, Julie Laiskodat di Mataram, Jumat (25/11/2022).

"Kami menerima surat pengunduran diri pada tanggal 22 November, tapi tertanggal 21 November 2022," kata Julie dalam pertemuan Konsolidasi Organisasi dan Pemenangan Partai NasDem NTB bersama anggota DPD NasDem di Mataram ketika itu.

Lihat juga Video: NasDem Tak Merasa Disindir Jokowi soal Grusa-grusu Usung Capres

[Gambas:Video 20detik]



(iws/gsp)