Rekonstruksi Suami Bunuh Istri, Mertua Tak Cegah Menantu Dibunuh 2 Anaknya

Lombok Tengah

Rekonstruksi Suami Bunuh Istri, Mertua Tak Cegah Menantu Dibunuh 2 Anaknya

Ahmad Viqi - detikBali
Selasa, 24 Jan 2023 14:13 WIB
Tiga tersangka pembunuhan wanita muda Mohamad Rizal (21) Sarman (28) dan Inak Sehan (46) melakukan rekonstruksi pembunuhan Fita Suliati (19) di Mapolres Lombok Tengah, Selasa (24/1/2023). Foto: Ahmad Viqi/detikBali.
Tiga tersangka Mohamad Rizal (21) Sarman (28) dan Inak Sehan (46) melakukan rekonstruksi pembunuhan Fita Suliati (19) di Mapolres Lombok Tengah, Selasa (24/1/2023). Foto: Ahmad Viqi/detikBali.
Lombok Tengah -

Peran ibu mertua Inak Sehan (46) yang ikut terlibat melakukan pembunuhan berencana terhadap Fita Suliati (19) terungkap dalam rekonstruksi, Selasa (24/1/2023). Ia berperan sebagai orang yang melempar tali ke anaknya, Mohamad Rizal (21), untuk mengikat leher Fita.

Hal tersebut diungkapkan Kabag Ops Reskrim Polres Lombok Tengah Iptu Ichwa Satriawan. Menurut Ichwa mertua Fita tetap terlibat kasus pembunuhan berencana itu.

"Perkara pembunuhan berencana kami gelar rekonstruksi untuk memperjelas siapa berbuat apa. Pertanggungjawaban apa dari ketiga pelaku," kata Ichwa.


Dalam rekonstruksi, ibu mertua Fita hanya berperan sebagai pelaku yang melemparkan tali ke Mohamad Rizal. "Walaupun perbuatan kecil, ini sangat berperan dalam peristiwa pembunuhan ini. Di sana mertua korban tidak ada niat untuk mencegah peristiwa ini terjadi," jelas Ichwa.

Pada adegan kesepuluh dan kesebelas, Inak Sehan melempar tali untuk mengikat leher Fita yang sudah meninggal dunia. Inak Sehan mengambil tali dari dapur lalu masuk ke kamar melemparkan tali ke Mohamad Rizal.

Kemudian pada adegan kedua belas Mohamad Rizal mengikat tali di leher Fita dibantu oleh kakak ipar Fita, Sarman (28).

"Jadi total ada 22 adegan yang kami lakukan dalam rekonstruksi. Adegan yang membuat korban membuat meninggal dunia dicekik oleh Mohamad Rizal pada adegan kedelapan," ujar Ichwa.

Dia pun mengaku bahwa rekonstruksi ini dilakukan untuk melihat peran tiga orang tersangka yang diawasi oleh tiga Jaksa Kejari Praya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Lombok Tengah menggelar rekonstruksi pembunuhan berencana Fita Suliati (19). Tiga tersangka, yaitu Mohamad Rizal (21) selaku suami, Sarman (28) selaku kakak ipar, dan Inak Sehan (46) selaku mertua korban, melakukan 22 reka adegan.



Simak Video "Nestapa Ibu Muda Dibunuh Suami, Ipar, dan Mertuanya"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/gsp)