Kapal Tenggelam di Labuan Bajo, Turis Merasa Kena Prank Travel Agent

Manggarai Barat

Kapal Tenggelam di Labuan Bajo, Turis Merasa Kena Prank Travel Agent

Ambrosius Ardin - detikBali
Minggu, 22 Jan 2023 14:25 WIB
Tangkapan layar video evakuasi penumpang Kapal Tiana yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023).
Tangkapan layar video evakuasi penumpang Kapal Tiana yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023). (Foto: Istimewa)
Manggarai Barat -

Khow Cyinthia Josephine merasa dirinya dibohongi oleh travel agent yang mengatur perjalanan wisatanya ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Cyinthia adalah salah satu penumpang kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, Sabtu (21/1/2023) sore.

Cyinthia mengungkapkan travel agent semula menyebut akan menggunakan KLM Nadia untuk perjalanan wisata dari Labuan Bajo ke Taman Nasional Komodo. Namun, Cyinthia justru kena prank karena dilayani menggunakan KLM Tiana.

"Mereka janjinya mau ngasi saya kapal itu namanya kapal Nadia dengan satu kamar master dan satu kamar private," kata Cyinthia saat ditemui di RS Siloam Labuan Bajo, Minggu (22/1/2023).


Cyinthia mengaku kaget saat diangkut menggunakan kapal KLM Tiana yang nahas itu. Sejumlah penumpang, termasuk wisatawan mancanegara, sempat protes sebelum berangkat.

"Saya kaget sekali karena kapal ini tidak sesuai dengan yang saya order, saya protes dong kenapa," imbuh Cyinthia yang menemani ayahnya di RS Siloam Labuan Bajo karena mengalami luka berat pada lututnya.

Wisatawan asal Pekalongan, Jawa Tengah, itu akhirnya tetap menggunakan KLM Tiana setelah diyakinkan oleh kru kapal. Ia pun berlayar dengan kedua orang tua dan satu adiknya.

"Para awak kabin bilang, kapal Tiana ini lebih baru dari Nadia. Jadi kamu di sini aman, dia ngomong kayak gitu."

"Ya udahlah mau liburan udah terlanjur, akhirnya saya nginap di kapal itu," kata Cyinthia. Ia mengaku sembari sempat kebingungan untuk menyelamatkan diri saat kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Kapal wisata KLM Tiana tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (21/1/2023). Kapal wisata tersebut mengangkut 17 orang penumpang, terdiri dari 13 wisatawan mancanegara dan domestik, serta empat orang kru kapal.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun demikian, dua orang turis mengalami luka-luka. Seluruh penumpang dievakuasi menggunakan speedboat milik Tim SAR dan Sea Rider Lanal Labuan Bajo menuju Pelabuhan Labuan Bajo.



Simak Video "Siloam Hospital Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/hsa)