Fakta-fakta Tenggelamnya Kapal Wisata KLM Tiana di Labuan Bajo

Round Up

Fakta-fakta Tenggelamnya Kapal Wisata KLM Tiana di Labuan Bajo

Tim detikBali - detikBali
Minggu, 22 Jan 2023 07:14 WIB
Dua turis terluka dan mengalami luka berat di lutut kanan dalam insiden tenggelamnya kapal wisata TM Tiana di perairan Labuan Bajo, NTT.
Dua turis terluka dan mengalami luka berat di lutut kanan dalam insiden tenggelamnya kapal wisata TM Tiana di perairan Labuan Bajo, NTT. (Foto: Istimewa/Tim Pos SAR Manggarai Barat)
Manggarai Barat -

Kapal wisata KLM Tiana tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (21/1/2023). Kapal wisata tersebut mengangkut 17 orang penumpang, terdiri dari 13 wisatawan mancanegara dan domestik, serta empat orang kru kapal.

Simak fakta-fakta tenggelamnya kapal wisata KLM Tiana di Labuan Bajo:

Kronologi Tenggelamnya Kapal Wisata di Labuan Bajo

Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Manggarai Barat Iptu Wayan Merta mengatakan kapal itu awalnya berangkat dari Labuan Bajo menuju menuju Pulau Kelor dan Pulau Kambing pada Jumat (20/1/2023). Kapal sempat berlabuh di Pulau Kambing.


"Pada pukul 00.00 Wita dari Pulau Kambing menuju Pulau Padar dan bermalam di Pulau Padar," kata Wayan, Sabtu (21/1/2023) malam.

Menurut Wayan, kapal wisata tersebut melanjutkan pelayaran dari Pulau Padar ke Pulau Komodo pada Sabtu siang sekitar pukul 13.45 Wita. Saat dalam perjalanan menuju Pulau Komodo itulah insiden terjadi.

Angin tiba-tiba berhembus kencang, gelombang tinggi menghantam hingga membuat kapal miring dan terbalik. "Pas di perairan Batu Tiga dan Toroh Kuning tiba-tiba datang angin kencang," kata Wayan.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat air laut memasuki badan kapal hingga akhirnya tenggelam. "Posisi kapal terakhir kandas di Teluk Toroh atau Tanjung Kuning Pulau Komodo," imbuhnya.

Evakuasi Penumpang

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi mengatakan proses evakuasi penumpang awalnya dibantu oleh KLM Elbarak. Barulah kemudian TIM SAR Gabungan dari Labuan Bajo merapat ke lokasi tenggelamnya kapal wisata KLM Tiana.

Seluruh penumpang selanjutnya dievakuasi menggunakan speedboat milik Tim SAR dan Sea Rider Lanal Labuan Bajo menuju Pelabuhan Labuan Bajo.

"Seluruh wisatawan yang berjumlah 13 orang dievakuasi ke ASDP Labuan Bajo. Delapan orang wisatawan dievakuasi di RIB Pos SAR Manggarai Barat dan lima orang wisatawan dievakuasi di Sea Rider Lanal Labuan Bajo," kata Wahyu

Dua Turis Terluka

Tak ada korban jiwa dalam insiden tenggelamnya kapal wisata KLM Tiana di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo. Namun demikian, ada dua turis yang mengalami luka-luka, termasuk satu orang asing mengalami luka berat di bagian lutut kanan. Keduanya langsung dievakusi ke RS Siloam Labuan Bajo.

"Ada dua (turis terluka)," ujar Arif, anggota Tim Pos SAR Manggarai Barat.

Hingga Sabtu sore, turis yang mengalami luka berat itu belum terindentifikasi namanya. Turis asing itu mengenakan kemeja putih dan celana pendek cokelat.

https://www.detik.com//bali/nusra/d-6528259/fakta-fakta-tenggelamnya-kapal-wisata-klm-tiana-di-labuan-bajo yang dihimpun, korban sempat mendapat perawatan oleh Tim SAR di sebuah kapal wisata di lokasi kejadian. Korban terluka tersebut juga sempat ditandu ke speedboat Tim SAR sebelum dievakusi bersama turis lainnya ke Labuan Bajo.

Kapal Wisata Laik Berlayar

Kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, dinyatakan dalam kondisi layak untuk berlayar. Kapal wisata yang mengangkut 17 orang penumpang itu sudah mengantongi izin berlayar dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo.

"Sudah clearance," kata Kepala KSOP Kelas III Labuan Bajo Hasan Sadili.



Simak Video "Kunker ke NTT, Jokowi Resmikan Perluasan Bandara Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/gsp)