Detik-detik Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Detik-detik Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Ambrosius Ardin - detikBali
Sabtu, 21 Jan 2023 20:57 WIB
Dua turis terluka dan mengalami luka berat di lutut kanan dalam insiden tenggelamnya kapal wisata TM Tiana di perairan Labuan Bajo, NTT.
Polairud Manggarai Barat menyebut kapal sempat berlabuh di Pulau Kambing sebelum tenggelam karena dihantam gelombang. (Istimewa/Tim Pos SAR Manggarai Barat).
Manggarai Barat -

Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Manggarai Barat Iptu Wayan Merta mengungkap kronologi Kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, NTT, Sabtu (21/1/2023).

Ia menyebut kapal itu awalnya berangkat dari Labuan Bajo pada Jumat (20/1/2023) menuju menuju Pulau Kelor dan Pulau Kambing. Kapal sempat berlabuh di Pulau Kambing.

Pada tengah malam, kapal yang mengangkut 13 turis dan empat kru itu bergerak ke Pulau Padar. "Pada pukul 00.00 Wita dari pulau Kambing menuju pulau Padar dan bermalam di Pulau Padar," jelas Wayan.


Tadi siang pukul 13.45 Wita, KLM Tiana bergerak dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo. Dalam perjalanan ke Pulau Komodo inilah, kapal wisata tersebut tenggelam, sekitar pukul 14.30 Wita.

"Pada Sabtu, 21 Januari 2023, pukul 13.45 Wita dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo, pas di perairan Batu Tiga dan Toroh Kuning tiba-tiba datang angin kencang dan mengakibatkan kapal miring dan tenggelam," kata Wayan.

"Posisi kapal terakhir kandas di Teluk Toroh atau Tanjung Kuning pulau Komodo," lanjut dia.

Diketahui, saat KLM Tiana tenggelam, datang KLM Elbarak mengevakuasi seluruh penumpang sebelum Tim SAR Gabungan dari Labuan Bajo tiba.

Seluruh turis kemudian dievakuasi ke Labuan Bajo menggunakan speedboat milik Tim SAR dan Sea Rider Lanal Labuan Bajo.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Tetapi, dua turis mengalami luka. Mereka langsung dievakuasi ke RS Siloam Labuan Bajo.



Simak Video "Kapal Mila Jaya Tenggelam di Perairan Sapudi saat Angkut Puluhan Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(BIR/gsp)