Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo Laik Berlayar

Manggarai Barat

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo Laik Berlayar

Ambrosius Ardin - detikBali
Sabtu, 21 Jan 2023 20:44 WIB
Tangkapan layar video evakuasi penumpang Kapal Tiana yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023).
Tangkapan layar video evakuasi penumpang Kapal Tiana yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023). Foto: Istimewa
Manggarai Barat -

Kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (21/1/2023), dalam kondisi layak berlayar.

Kapal wisata yang mengangkut 13 turis berwisata di Taman Nasional Komodo itu sudah mengantongi izin berlayar dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo.

"Sudah clearance," kata Kepala KSOP Kelas III Labuan Bajo Hasan Sadili, Sabtu (21/1/2023).


Diketahui, KLM Tiana tenggelam karena diterjang gelombang tinggi. Mereka langsung dievakuasi kru kapal wisata KLM Elbarak sebelum tim SAR gabungan tiba.

Dalam video evakuasi yang beredar, terlihat kapal dalam posisi miring. Air laut memasuki badan kapal. Beberapa speed boat mendekati kapal untuk mengevakuasi penumpang.

Ada yang melompat dari kapal menuju speed boat. Ada hampir sepuluh speed boat yang datang mendekat kapal. Di kejauhan, beberapa perahu motor juga mendekati kapal tersebut.

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun ada dua turis terluka. Satu orang asing mengalami luka berat di bagian lutut kanan. Mereka dievakuasi ke RS Siloam Labuan Bajo.



Simak Video "2 Sosok Artis Indonesia yang Diidolakan Deris Nagara"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/bir)