Hantaman Gelombang Diduga Penyebab Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Hantaman Gelombang Diduga Penyebab Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Ambrosius Ardin - detikBali
Sabtu, 21 Jan 2023 20:31 WIB
Tangkapan layata video evakuasi penumpang Kapal Tiana yang tenggelam di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023)
Kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, NTT, Sabtu (21/1/2023), diduga disebabkan oleh hantaman gelombang. (Istimewa).
Manggarai Barat -

Kapal wisata KLM Tiana yang tenggelam di perairan Batu Tiga, Labuan Bajo, NTT, Sabtu (21/1/2023), diduga disebabkan oleh hantaman gelombang.

"KLM Tiana dihantam gelombang dan terbalik di perairan Batu Tiga," imbuh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere selaku SAR Mission Coordinator Lalu Wahyu Efendi, usai evakuasi penumpang kapal.

Wahyu merinci total penumpang sebanyak 17 orang, terdiri dari 13 wisatawan mancanegara dan domestik, serta empat kru kapal. Sebelumnya, kabar menyebut kapal mengangkut 15 turis.


Lebih lanjut ia mengatakan saat Tim SAR gabungan tiba di lokasi, turis, dan kru kapal itu sudah dievakuasi oleh kapal wisata KLM Elbarak.

Tim SAR kemudian mengevakuasi mereka yang tersisa dari KLM Elbarak ke speedboat SAR dan TNI Angkatan Laut menuju pelabuhan Labuan Bajo.

"Seluruh wisatawan yang berjumlah 13 orang dievakuasi ke ASPD Labuan Bajo. Di antaranya, delapan orang wisatawan dievakuasi di RIB Pos SAR Manggarai Barat dan lima orang wisatawan dievakuasi di Sea Rider Lanal Labuan Bajo," jelas Wahyu.

"Saya selaku SMC mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kru KLM Elbarak yang sudah sigap mengevakuasi penumpang ke kapal KLM Elbarak, sehingga para penumpang aman dan selamat," terang dia.



Simak Video "10 Bocah Tewas-9 Lainnya Hilang Usai Kapal Tur Terbalik di Pakistan"
[Gambas:Video 20detik]
(BIR/irb)