2 Kabupaten di Flores Tolak Bantuan dari Bali Imbas Kasus Babi Mati Mendadak

Flores

2 Kabupaten di Flores Tolak Bantuan dari Bali Imbas Kasus Babi Mati Mendadak

Ambrosius Ardin - detikBali
Jumat, 20 Jan 2023 18:20 WIB
Bisnis ternak babi jadi salah satu usaha andalan warga di perbatasan Indonesia. Harga jualnya yang tinggi membuat warga tertarik untuk mengembangkan usaha ini.
Pemkab Nagekeo dan Ngada di Flores, NTT, menolak bantuan babi dari Denpasar, Bali, karena temuan kasus babi mati mendadak terserang ASF. (Pradita Utama).
Nagekeo -

Pemerintah Kabupaten Nagekeo dan Ngada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), menolak bantuan babi dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Penolakan ini menyusul temuan babi mati mendadak karena dugaan demam babi Afrika.

Mayoritas babi yang disalurkan melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar itu disebut-sebut positif terjangkit virus African Swine Fever (ASF).

Adapun daerah yang sudah menerima bantuan babi tersebut adalah Kabupaten Flores Timur, Sikka dan Ende.


"Kami di Kabupaten Nagekeo tidak terima bantuan ini karena kondisi yang dihadapi saat ini (babi mati mendadak terjangkit virus ASF)," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo Clementina Dawo usai Zoom Meeting dengan Kepala BPTU-HPT Denpasar Hary Suhada, Jumat (20/1/2023).

Hal yang sama dilakukan Pemerintah Kabupaten Ngada. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ngada Felisitas Killa mengatakan jatah bantuan babi untuk Kabupaten Ngada sebanyak bantuan 25 ekor.

Dengan munculnya kasus babi terjangkit ASF di daerah lain di Flores, Pemkab Ngada memutuskan tidak melanjutkan rencana menerima bantuan babi tersebut.

"Untuk saat ini dengan kasus di Flores yang makin meningkat, kegiatan dimaksud untuk sementara tidak dilanjutkan," kata Felisitas.

Untuk mencegah penularan virus ASF, Pemerintah Kabupaten Ngada dan Nagekeo malarang masuknya babi dan olahannya dari luar daerah.



Simak Video "Berkeliling ke Pasar Babi yang Populer di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(BIR/irb)