Kadus yang Nikahkan Paksa Bocah 12 Tahun Terancam Dipecat

Dompu

Kadus yang Nikahkan Paksa Bocah 12 Tahun Terancam Dipecat

Faruk Nickyrawi - detikBali
Rabu, 18 Jan 2023 12:33 WIB
Ilustrasi menikah pernikahan pengantin
Ilustrasi pernikahan. Oknum kadus di Dompu yang menikahkan secara paksa anak di bawah umur dengan adiknya sendiri, terancam dipecat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kostyazar
Dompu -

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Dompu akan bertindak tegas terhadap kepala dusun (kadus) yang diduga menikahkan secara paksa anak di bawah umur dengan adiknya sendiri. Kadus itu terancam dipecat dari jabatannya.

"Setelah dapatkan data riil dari kades, insyaallah kami akan tindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada," kata Kepala DPMPD Mohammad Syaiun pada detikBali, Rabu (18/1/2023).

Syaiun telah mendapatkan https://www.detik.com//bali/nusra/d-6521696/kadus-yang-nikahkan-paksa-bocah-12-tahun-terancam-dipecat terkait tindakan kepala dusun yang menikahkan adik kandungnya secara paksa dengan anak berumur 12 tahun. Pernikahan itu tanpa dihadiri dan diketahui orang tua, bahkan tanpa didampingi wali nikah.


"Kami sudah turun ke Desa Woko dan telah memerintahkan kades untuk mengusut dan melaporkan ke DPMPD tentang detail masalah tersebut," ujarnya.

Ditegaskannya, kepala dusun terancam dipecat dari jabatannya setelah dilakukan pengkajian tentang mekanisme dan latar belakang alasan kadus yang menikahkan anak di bawah umur. "Semua ada mekanismenya, dilihat data dan info yang mendasarinya," tegas Syaiun.

Sebelumnya, seorang anak usia 12 tahun di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga menjadi korban pelecehan seksual dengan modus menikahkan paksa. Pernikahan itu dituding tidak sah karena tidak dihadiri orang tua sebagai wali nikah.

Mirisnya, pernikahan antara korban dengan BM, pria berusia sekitar 30 tahun itu, disetujui kadus setempat. BM dan korban juga tinggal di rumah kadus, karena BM merupakan adik kandung kadus tersebut.

"Iya, kasus itu sudah masuk aduan ke kami. Kasus terjadi di salah satu desa di Kecamatan Pajo," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Dompu, Daryanti Kustikawati, Kamis (12/1/2023).

Daryanti mengatakan, berdasarkan hasil interogasi korban, didapatkan https://www.detik.com//bali/nusra/d-6521696/kadus-yang-nikahkan-paksa-bocah-12-tahun-terancam-dipecat pernikahan siri tanpa didampingi oleh orang tua dan wali nikah. "Nikah siri kemarin itu karena kami tanya tidak didampingi orang tua karena orang tuanya masih di luar (Jawa)," ucapnya



Simak Video "Eksperimen Adegan Titanic, James Cameron Akui Jack Bisa Saja Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/hsa)