Gempa Guncang 6 Kabupaten di Flores NTT

Gempa Guncang 6 Kabupaten di Flores NTT

Ambrosius Ardin - detikBali
Rabu, 18 Jan 2023 08:21 WIB
Gempa mengguncang Malang hari ini pada Selasa, 17 Januari 2023. https://www.detik.com//bali/nusra/d-6521221/gempa-guncang-6-kabupaten-di-flores-ntt tersebut disampaikan oleh BMKG melalui akun Twitter resmi @infoBMKG.
Foto: Ilustrasi pencatat gempa (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Manggarai Barat -

Gempa bumi tektonik bermagnitudo (M) 4,7 mengguncang enam kabupaten di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (17/1/2023) pukul 23.21 Wita. Terjadi tujuh gempa susulan hingga Rabu (18/1/2023) pukul 00.11 Wita. Gempa yang terjadi di Ruteng, Kabupaten Manggarai itu terasa getarannya hingga Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada dan Ende.

"Wilayah Ruteng - Manggarai-NTT diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,41° LS; 120,60° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km timur laut Ruteng Manggarai, NTT pada kedalaman 30 km," jelas Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam keterangannya.

"Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," lanjut dia.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, jelas Cahyo, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun dengan kombinasi mendatar (Oblique Normal Fault)," katanya.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Ruteng IV MMI. Skala intensitas IV MMI artinya getaran pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Guncangan di Nagekeo dan Borong adalah III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Di Labuan Bajo II-III MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Guncangan di Congkar, Reo, Bajawa dan Ende II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Cahyono.



Simak Video "Gempa M 4,3 Guncang Garut, Terasa Hingga Bandung-Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/gsp)