BMKG Prediksi Gelombang saat Super New Moon NTB Capai 2 Meter

Mataram

BMKG Prediksi Gelombang saat Super New Moon NTB Capai 2 Meter

Ahmad Viqi - detikBali
Selasa, 17 Jan 2023 21:40 WIB
Ilustrasi Banjir Rob
BMKG memprediksi tinggi gelombang pasang saat super new moon di beberapa perairan NTB bisa mencapai 2 meter. (Alamudin Hamapu/detikSumut).
Mataram -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi tinggi gelombang pasang saat super new moon di beberapa perairan Provinsi Nusa Tenggara Barat bisa mencapai 2 meter.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Praya Lombok Tengah Desi Megawati mengatakan super new moon merupakan fase bulan baru yang beriringan dengan perigee.

Menurut Desi, fase perigee ini terjadi ketika bulan berada pada titik terdekat dengan bumi.


"Biasanya fenomena super new moon ini mengakibatkan terjadinya gelombang pasang laut tertinggi hingga picu banjir rob di beberapa wilayah pesisir," kata Desi, Selasa petang (17/1/2023) via WhatsApp.

Adapun dampak dari fenomena super new moon yang terjadi pada rentang 18-24 Januari 2023 besok akan mengakibatkan potensi banjir rob di sejumlah daerah pesisir di Indonesia dalam waktu yang berbeda.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, potensi banjir rob di wilayah Pesisir NTB terjadi pada tanggal 18-24 Januari 2023," imbuh Desi.

Karena itu, perlu diwaspadai tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian Utara dan Selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian Selatan dan Samudera Hindia selatan NTB.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta selalu memperhatikan update https://www.detik.com//bali/nusra/d-6521014/bmkg-prediksi-gelombang-saat-super-new-moon-ntb-capai-2-meter cuaca dari BMKG," terang Desi.

Menurut Kepala Dusun Gili Trawangan Muhammad Husni, gelombang di Gili Trawangan terjadi pada akhir Desember 2022 lalu. Banjir sempat terjadi karena gelombang dan hujan deras melanda Gili Trawangan.

"Sempat banjir waktu Desember. Untuk Januari ini gelombang sudah mulai normal," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Resmikan 292 Hunian Tetap di NTB untuk Korban Badai Seroja"
[Gambas:Video 20detik]
(BIR/nor)