Daftar Piodalan Pura di Bali Hari Ini Minggu 8 Januari 2023

Bali

Daftar Piodalan Pura di Bali Hari Ini Minggu 8 Januari 2023

tim detikBali - detikBali
Minggu, 08 Jan 2023 03:35 WIB
Ilustrasi Hari Raya Galungan dan Kuningan
Ilustrasi umat Hindu sembahyang. Daftar Piodalan Pura di Bali Hari Ini Minggu 8 Januari 2023. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Bali -

Minggu 8 Januari 2023, dalam kalender Bali disebut Redite Wage Kuningan. Hari ini terdapat dua pura di Bali yang menggelar piodalan.

Dikutip dari kalenderbali.org, piodalan merupakan perayaan hari suci di pura yang biasa dilakukan secara periodik, baik berdasarkan sasih, wuku, atau pawukon. Piodalan disebut juga petirtayan, petoyan, dan pujawali. Piodalan merupakan upacara yang ditujukan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasinya.

Umat Hindu melaksanakan persembahyangan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang keluar dari kahyangan dan dilinggakan atau distanakan menurut hari yang telah ditetapkan untuk merajan/sanggah dan pura.


Pujawali dipimpin oleh seorang pemangku di pura atau merajan masing-masing. Pelaksanaan piodalan diawali dengan pesucian Ida Bhatara di Beji, seluruh krama yang dipimpin sulinggih menyucikan arca/pratima simbol Hyang Widhi di pura beji.

Sementara itu, dilansir dari laman Pemkab Karangasem, piodalan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu piodalan alit (nyanang) dan piodalan ageng (diikuti seluruh karma desa). Piodalan dilaksanakan setiap enam bulan sekali atau setahun sekali sesuai pura yang menyelenggarakan.

Piodalan pada hari ini digelar di pura di Gianyar dan Badung. Berikut pura yang menggelar piodalan pada Minggu 8 Januari 2023.

  • Pura Dalem Tegal Tamu Sekarmukti Balubulan Gianyar
  • Pura Kubayan Umagunung Sempidi Badung

Demikian https://www.detik.com//bali/bali-bungah/d-6503297/daftar-piodalan-pura-di-bali-hari-ini-minggu-8-januari-2023 tentang pura di Bali yang menggelar piodalan di Redite Wage Kuningan hari ini. Semoga bermanfaat ya Semeton.



Simak Video "2 Sosok Artis Indonesia yang Diidolakan Deris Nagara"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/iws)