Kalender Bali 7 Januari 2023: Saniscara Pon Dunggulan, Pemaridan Guru

Kalender Bali 7 Januari 2023: Saniscara Pon Dunggulan, Pemaridan Guru

Tim detikBali - detikBali
Jumat, 06 Jan 2023 04:15 WIB
Kalender Bali Desember 2022
Saniscara Pon Dunggulan atau Sabtu 7 Januari 2023. Hari ini bertepatan dengan Hari Pemaridan Guru, yaitu tiga hari setelah Galungan sekaligus akhir wuku Galungan. (Foto: (Istimewa))
Bali -

Saniscara Pon Dunggulan atau Sabtu 7 Januari 2023. Hari ini bertepatan dengan Hari Pemaridan Guru, yaitu tiga hari setelah Galungan sekaligus akhir wuku Galungan.

Menurut beberapa cerita yang berkembang di Bali, saat hari Pemaridan Guru para Dewa dianggap telah kembali ke Sunyaloka dan meninggalkan kesejahteraan pada umatnya. Pada Hari Pemaridan Guru, umat Hindu di Bali melakukan pembersihan terhadap diri sendiri dengan memohon tirtha kepada para pendeta.

Kemudian dilanjutkan dengan nyurud atau mohon sisa yadnya berupa tumpeng Guru untuk dimakan bersama-sama. Hal ini bermakna memohon kesejahteraan lahir-batin dari Bhatara Hyang Guru yang dipuja di merajan atau sanggah kemulan masing-masing. Meski begitu, pelaksanaan hari Pemaridan Guru disesuaikan dengan desa, kala, patra.


Kalender Bali memuat ala ayuning dewasa, atau hari baik berdasarkan perhitungan khusus. Sebagian besar umat Hindu di Bali masih menjadikan ala ayuning dewasa sebagai pedoman kehidupan kesehariannya.

Perhitungan ala ayuning dewasa ini pun menjadi bagian penting dalam setiap kegiatan adat dan ritual di masyarakat.

Berikut ala ayuning dewasa atau hari baik pada Saniscara Pon Dunggulan atau Sabtu 7 Januari 2023 berdasarkan perhitungan kalender Bali sebagaimana dikutip dari kalenderbali.org:

Saniscara Pon Dunggulan atau Sabtu 7 Januari 2023

  • Gagak Anungsang Pati. Tidak baik melakukan upacara membakar mayat, atiwa-tiwa (Alahing dewasa 2).
  • Kala Dangu. Tidak baik untuk memulai suatu pekerjaan, pindah tempat, bepergian. (Alahing dewasa 3).
  • Kala Katemu. Baik untuk menangkap ikan, berburu, mapikat, memasang jerat, kungkungan, mangadakan pertemuan. (Alahing dewasa 3).
  • Kala Suwung. Tidak baik untuk dewasa ayu, berkunjung. (Alahing dewasa 3).
  • Kala Wisesa. Baik untuk menebang kayu bahan bangunan, memulau suatu kegiatan, mengangkat/melantik petugas. (Alahing dewasa 4).
  • Pepedan. Baik untuk membuka lahan pertanian baru. Tidak baik untuk membuat peralatan dari besi. (Alahing dewasa 3).
  • Salah Wadi. Tidak baik untuk melakukan Manusa Yadnya (wiwaha, mapendes, potong rambut dll.) Pitra Yadnya (Penguburan, atiwa-tiwa/ngaben, nyekah, ngasti dll. (Alahing dewasa 3).
  • Pararasan: Laku Air, Pancasuda: Wisesa Segara, Ekajalaresi: Patining Amerta, Pratiti: Saskara



Simak Video "Eksperimen Adegan Titanic, James Cameron Akui Jack Bisa Saja Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)